Menjadi Duta Pariwisata




Bismillaahirrohmaanirrohiimm..

Mengingat banyak yang nanya tentang duta wisata. Maka, dalam kesempatan ini saya mencoba memberikan beberpa informasi penting dan tips/trik menang duta wisata.Menjadi duta wisata merupakan salah satu impian dari banyak muda mudi.Lho, kenapa kok muda mudi ya? #expresi_mangap ala goyang dumang grin emotikon Jawabnnya udah pada tau kan? Yup,, betul sekali (prok3x... Tepuk tangan sok heboh ,, hehehe Ok, kita lanjut dears. 


Salah satu syarat mutlak untuk jadi duta wisata adalah belum menikah. Bukan hanya itu, usia dan tinggi badan juga ada ketentuannya. Untuk setiap provinsi memang terdapat perbedaan syarat. Namun umumnya, tinggi badan utk cewek min 165 dan cowok min 170. Untuk umur berkisar usia SMA sampai anak kuliahan. Sarjana juga boleh kok, asal belum menikah. Untuk ajang ambassador sendiri memang banyak sekali jenisnya, antara lain duta wisata, duta bahari, duta batik, duta HIV, duta olah raga, duta GenRe dan lain2. Namun khusus untuk duta wisata memang agak ribet dikit, karena memang di sini persyaratannya jauh lebih kompleks. Kalau duta lainnya mungkin tampilan fisik tidak terlalu dipertimbangkan. Tapi untuk duta wisata,umumnya itu sangat ditekankan. Karena biasanya sih yang lolos juga yang ganteng-ganteng dan cantik-cantik hehehe grin emotikon Huftt...

Jangan kepedean dulu ya buat yang merasa ganteng dan cantik. Untuk bisa lolos tidak segampang modal tampang. Karena saingan kamu nanti juga banyak yang kece bahkan mungkin lebih kece dari kamu.. Hihihi piizzzz brothers wink emotikon Ok,, Next !!

Selain penampilan, hal yang perlu kamu perlu siapkan adalah wawasan yang tentunya berkaitan dengan potensi wisata daerah kamu. Kalau perlu, kamu wajib dan perlu kuasai daerah kamu, misalnya kamu harus bisa menari dan menyanyikan lagu daerah. Ya kalau pun suara kamu serak2 kering ( hahagg ,, ya setidaknya tau tentang itu. Hal itu tentu akan menjadi nilai plus buat kamu selain bisa bahasa asing minimal English.

Karena biasanya, jika itu dilombakan di tingkat nasional. Kamu harus bisa menunjukkan kesenian daerahmu sendiri, entah tarian atau lagu daerah. Ya logika juga sih, masak ikut nasional dan bawa nama besar provinsi, terus di tanya english bengong. Gak keren banget kan? Jangan bikin provinsi kamu ilfil dah pokoknya. Kasihan juga pemerintah provinsi nge-biayain kamu segala keperluan lomba trus hasilnya cuma malu-maluin. Ya kalo pun tidak menang, minimal kamu bisa berikan yang terbaik dari kamu dan buat mereka puas dengan kinerja kamu. Bila perlu, buat mereka sampai mengakui itu.


Untuk lombanya sendiri sangat menarik. Jadi wajar kalau banyak muda mudi yang mengidamkan menjadi duta wisata. Di sini, hal2 kecil selalu dan harus kamu perhatikan. Terutama sekali kerapian dan penampilan. Jangan sekali-kali tunjukkan kebiasaan jorok dan burukmu. Kalau pun emang terbiasa jorok, tpi usahakan jaga image. Kamu harus bisa melakukan itu. Senyum dan ramah tamah adalah hal yang sangat penting yang harus kamu siapkan. Jadi, bagi yang judes dan pelit senyum. Jangan terlalu banyak berharap bisa lolos. Jadi harus biasakan ramah tamah dan senyum. Senyum juga jangan modus ya? Artinya, senyumnya yang wajar saja. Jangan terlalu berlebihan, orang risih dan kamu pun juga tidak nyaman. Karena senyum adalah hal yang sangat penting, kamu juga perlu ngaca. Pilih senyum terbaik mu. Entah keluar gigi atau tertutup, asal jangan ngeluarin lidah aja, ntar dikira siluman ular.wkwkwk

Buat cowok nih terutama. Kamu harus belajar jalan yang macho, jangan sekali2 ngondek. Kalo demikian, alamat tidak lolos. Ya kalu pun kamu bisa lolos, itu pun kamu dilihat banyak prestasinya dan kamu dianggap spesial bagi mereka selama ngondeknya gak begitu-begitu amat. Jadi insyaallah bisa ditoleransi. Cewek juga perlu belajar pakai sepatu high heel minimal 10cm biar gak jatun waktu jalan/catwalk. Malu banget kan kalau sampai jatuh, terus dilihat banyak orang dan masuk camera lagi.. Bisa2 stresss berat dah tu..hehehe

Timbul mungkin pertanyaan...

Kok jadi duta wisata sok ribet banget, masak jalan doang dinilai gitu??? (Tanda tanya besar sampai ada bintang2 muter di atas kepala, ckckck

Jangan salah ya bro and sis, , ,

Umumnya dalam pemilihan duta wisata ada kelas model/ sesi catwalk/ peragaan busana entah itu casual atau tradisional. Jadi, ini sangat penting. Karena pada sesi ini juga dijadikan penilaian untuk kategori foto genic.

Jadi, di ajang duta wisata itu ada beberapa kategori dan umunya ada Juara 1,2,3, persahabatan/favorit dan foto genic. Untuk juara sendiri pun ada nama2 lain yang digunakan dan itu berbeda dari setiap daerah. Misalnya untuk juara 2, ada yang menyebutnya wakil 1 dan ada juga pendamping satu. Namun semua itu artinya sama, yaitu sebagai juara 2.

Lanjut lagi yokk, semangat ya bacanya ???

Biar semangat bacanya, buat kopi, teh atau susu dulu dah biar cepet gede dan tinggi buat yang kurang tinggi. Hihihihi

Ok,, untuk penjurian sendiri kamu harus bisa menyesuaikan dan kalau perlu selidiki kira2 apa kriteria yang diinginkan masing2 juri, karena tentu masing2 juri beda selera. Jadi pandai2nya kamu mencuri perhatian mereka.

Lhaa kok cari perhatian sih larinya???

Eittss,,sabarrrr,,jangan salah faham dulu ya? Artinya di sini adalah, kamu harus tau selera juri seperti apa. Misalnya kalau juri ini seneng orang yang jawabnnya padat dan jelas, usahakan kamu jawabnya juga panjang lebar. Atau misalnya si juri suka dan agak gokil dikit, usahakan kamu juga bisa hokil biar chemistrinya dapat. Jadi, kalo sdh begitu, hati juri sudah bisa kamu dapatkan dan insyaallah lolos.

Banyak hal lain juga yang perlu kamu perhatikan untuk bisa menarik perhatian dewan juri. Namun umumnya seperti itu, usahakan kamu dapatkan hati mereka. Ya kalo pun tidak bisa. Jangan kwatir, kamu masih bisa cari hati juri yang lain. Karena dewan juri tidak hanya satu. Banyak dan sudah ditentukan bidang penilaian masing2 dari juri yang bersangkutan. Jadi jangan pada kaget ya? Yang tidak biasa ngomong depan orang banyak, belajar biar gak gerogi di depan juri. Masih mendinglah kalo jurinya berhadapan face tu face sama kamu.Lha kalo kasusnya kayak yang aku alamin, kamu dikelilingi 9 juri dan kamu di tengah gitu, pasti bakalan shock banget dah saking geroginya. Makanya perlu belajar publick speaking yang baik biar gak gerogi, kalo pun gerogi ya jangan terlalu kentara lah. Soalnya bisa gawat darurat lho kalo kamu ketahuan gerogi. Karena kadang ada juga tipe juri yang suka usil ngerjain kamu biar tambah shock dan gerogi.. Hahaggg (jaim banget ya tu juriii..ilfiillll hahaggg. 

Tapi semua itu tentu mereka lakukan tidak sembarangan, melainkan ada alasan tertentu. Mereka ingin melihat mental kamu seperti apa. Itu belum apa2 lho? Belum lagi kalao kamu ditanya pertanyaan yang kadang tidak pernah kamu sangka sebelumnya. Namun yang jelas, bagaimana pun keadaan saat itu, usahakan kamu selalu jawab dan jangan tunjukkan sifat begoknya dengan bengong seribu bahasa..jiiaahhhh...ngeriiii gaannn hahaggg

Kalau keadaan seperti itu, usahakan tetap tenang dan senyum saja. Ingat, tunjukkan keramahtamahanmu dan tetap tenang serta senyum. Itu yang penting, karena dengan senyum manis mu itu akan menjadi penilaian berharga bagi mereka. Dengan senyum juga kamu bisa lebih santai dan salah satu tips utk tidak terlalu kelihatan gerogi.

Inget ya senyumnya terutama sekali diperhatikan dan jangan lupa. Karena, ketika anda ada tugas dinas, senyum anda itu dibayar. Jadi belajar senyum yang baik dan ikhlas.

Karena saat nugas nanti anda harus tetap kelihatan tampil menarik walopun dalam waktu yang agak lama. Bukan hanya itu, Anda juga akan sering diundang media untuk ngisi acara di TV atau foto bersama dengan orang2 penting(dari artis sampai dengan pejabat pemerintahan) provinsi kamu. Jadi, menjadi duta wisata bisa menjadi salah satu ajang pembuka untuk kamu bisa menggeluti dunia modelling atau pekerjaan/profesi yang berkaitan dengan penampilan seperti dunia perbankan dan awak kabin pesawat alias pramugari dan pramugara atau sejenisnya.

Terakhir, hal yang wajib untuk selalu kamu ingat dan jaga adalah, jaga sikap/ behave kamu. Karena penilaian itu melingkup 3B(Brain,Beauty, and Behaviour).

Jangan tunjukkan sikap sok dan merasa lebih pandai dari peserta lainnya. Jadi bersahajalah dalam bersikap. Ingat jangan pamer, nanti ada sesi tersendiri kok untuk nunjukin apa saja prestasi yang pernah kamu raih. Ingat jangan mencoba untuk berbohong tentang ini, kalo kethuan kamu bisa kena diskualifikasi. Sayang banget kan???Juga tetap ingat, gaya bicara kamu harus diperhatikan dan jangan terlalu lebay dan sombong. Itu sangat merugikan kamu dalam penilaian.

Ini dulu yang dapat saya ceritakan. Insyaallah kalau ada pertanyaan bisa ditanyakan. Dan pesan penutup. Banyak baca2 tentang pemilihan duta wisata dan pertanyaan2 seputar duta wisata. Minimal kamu harus tau sapta pesona pariwisata yag terdiri dari 7 item (Aman, Tertib, Bersih, Sejuk, Indah, Ramah-tamah dan Kenangan).

Semoga sukses buat kamu yang akan ikut pemilihan duta pariwisata.

Salam pariwisata smile emotikon

Oleh: Muhammad Zain (Duta Pariwisata)


Powered by Blogger.