Sosok Pria Sederhana Memiliki Segudang Gagasan, H. Lalu Slamet Satriawan Ishak diacara Kick Andy Metro TV



KM. Gerbang patuh Karya, H.Lalu Slamet Ishak, sosok pria sederhana yang memiliki segudang gagasan masuk TV diacara Kick Andy Metro TV. Pria paruh baya yang banyak berjasa guna menghijaukan tanah tandus yang ada di desa Ijobalit, kecamatan labuhan Haji.

Menurut Penuturan H. Slamet, kegiatan tersebut dilakukan sejak tahun 1982, saat itu tahan disekitar pemukinannya sangat tandus, sementara disekitarnya terdapat sunyai Prago yang debitnya sangat besar tyang langsung berasal dari puncak gunung Rinjani.

Dengan pemikiran yang kritis H. Slamet merasa air tersebut percuma hanya terbuang kelaut, sehingga timbul ide untuk membuat bendungan agar air bisa mengairi lahan yang ada disekitar Ijobalit. Dengan menggunakan karung yang dibeli seharga Rp. 450 guna diisi tanah untuk membendung air, Alhamdulillah bukit setinggi 18 meter sudah berhasil dilalui oleh air.

Pada tahun 1990 bendungan yang dibikin dari karung tersebut jebol, hal tersebut tidak menurunkan semangat dari H Slamet untuk terus berusaha mengalikan air ke lahan pertanian. Dimulai tahun 1991 Haji Slamet memulai membelah bukit setinggi 18 meter sepanjang hampir 2 Km guna menyalurkan air, Niatnya membelah bukit tersebut membuat haji Slamet dijuluki orang gila sama warga kampung, tapi beliau tidak memperdulikan cibiran para warga, dan pada tahun 1995 air berhasil menembus saluran yang digali tersebut, para warga pun senang dan sebelumnya dicap orang gila malah menjadi panutan dan selalu didengar oleh semua warga yang ada dikampungnya.

Kerja keras yang dilakukan hampir 30 tahun berbuah hasil yang bisa dinikmati saat ini, Kelurahan Ijobalit sekarang sudah hijau, tidak lagi kering kerontang. Bahkan desa Ijobalit sudah memiliki tempat pariwisata yang bernama Lembah Hijau. Merupakan inspirasi yang sangat bermanfaat yang bisa kita ambil dari kisah seorang yang dijuluki gila, tapi manfaatnya bisa kita nikmati sampai saat ini, bahkan untuk anak cucu kita nanti, terima kasih sang inspirasi H. Lalu Slamet Satriawan Ishak.


Sumber: kampung-media.com
Powered by Blogger.