Gunung Rinjani: Salah Satu Tempat Jelajah Terbaik di Asia Tenggara

BERUGAK LOMBOKGunung Rinjani, Ketinggian Gunung Rinjani 3.726 meter di atas permukaan laut dan merupakan gunung api tertinggi kedua di Indonesia, menarik ribuan pendaki setiap tahun. Mendaki ke puncak gunung merupakan salah satu pengalaman yang paling menyenangkan yang bias didapatkan di Indonesia. Waktu terbaik untuk mendaki Rinjani selama bulan April sampai November. Jalur tracking biasanya ditutup selama musim hujan. Masyarakat yang tinggal di sekitar Gunung Rinjani percaya bahwa Gunung Rinjani menyimpan banyak misteri. Salah satu misteri itu adalah legenda Dewi Anjani.


teknologi.news.viva.co.id

Gunung Rinjani mempunyai pemandangan alam yang luar biasa dibandingkan dengan gunung lainnya di Indonesia. Bahkan sering disebut-sebut juga paling indah di Asia. Karena panorama yang terdapat di Gunung Rinjani menjani gunung favorit yang merupakan para pendaki wisata alam, mahasiswa, pemandu lokal hingga wisata asing.


www.mountain-forecast.com

Bulan juli dan bulan agustus adalah waktu diman Gunung Rinjai paling banyak di kunjungi wisataawan. Para pendaki gunung ini bertujuan untuk mencapi puncak Gunung Rinjani selain untuk menikmati keindahan panoramanya, juga untuk mendapatkan kepuasan tersendiri karena telah berhasil menaklukan gunung kedua tertinggi di indonesia.

Dan anda tidak boleh ketinggalan untuk menikmati indahnya Danau Segara Anak yang ada di puncak Gunung Rinjani. Menurut cerita masyarakat lokal, nama danau ini sendiri berasal dari kata Segara Anak yang memiliki arti anak laut. Hal ini didasarkan pada warna air danaunya yang kebiruan dan menyerupai warna air laut.


blog.hi-indonesia.com

Untuk mencapai ke danau Segara Anak, memang tidak mudah. Wisatawan harus berjalan kaki selama 9 jam dari titik terakhir yang bisa dilewati kendaraan. Walaupun melelahkan, semua terbayarkan setelah sampai di sana, karena pemandangan yang ditawarkan sangat menakjubkan. Salah satu keunikan danau ini adalah adanya sebuah gunung yang letaknya berada di tengah danau. Gunung itu bernama Gunung Baru Jari.

Di sekitar Danau Segara Anak, para wisatawan dapat menjumpai beberapa sumber air panas dengan tingkat yang berbeda-beda. Para wisatawan dapat berendam sepuasnya di bak alami itu atau sekedar mencelupkan kaki yang lelah berjalan seharian. Menurut kepercayaan suku Sasak, air dari sumber air panas itu dapat menjadi obat segala macam penyakit.

Di kawasan ini juga terdapat sebuah pohon tua yang dikeramatkan oleh penduduk setempat. Dengan perantara pohon ini diyakini apa yang kita inginkan dapat terkabul. Mitos yang berkembang di masyarakat setempat mengatakan, jika Anda memiliki keinginan yang belum sempat terkabul, maka gantungkanlah sebuah batu pada pohon ini kemudian ucapkan keinginan Anda. Jika keinginan Anda tercapai, maka batu yang Anda gantungkan sebelumnya harus segera dilepaskan.


mangkuubumi.blogspot.co.id

Selain panorama yang begitu indahnya, Gunung Rinjani ini juga mempunyai keunikan lain yaitu flora dan faunanya yang beraneka ragam. Ketika mendaki Gunung Rinjani, anda akan melihat betapa kayanya Gunung Rinjani. Setiap 1,000 meter pendakian anda akan melihat jenis flora yang berbeda, misalnya pada ketinggian 2,000 meter anda akan menemukan banyak cemara gunung, dan pada ketinggian 3,000 meter anda akan melihat banyak bunga edelweiss.


anekatempatwisata.com

Untuk fauna yang dapat anda temui di antaranya adalah lebih dari 100 jenis burung yang berbeda, landak, rusa, monyet perak, monyet ekor panjang, dan lain-lain. Terkadang binatang yang ada di Gunung Rinjani, terutama monyet ekor panjangnya suka berbuat nakal. Kenakalan monyet tersebut adalah masuk ke dalam tenda pendaki dan mengambil makanan yang ada di dalam tenda.


bloodydirtyboots.files.wordpress.com

Suhu udara di Gunung Rinjani cukup dingin dengan suhu rata-rata sektiar 20 derajat Celsius dan suhu paling dingin bisa mencapai 10 derajat Celsius sehingga anda perlu membawa baju tebal dan jaket untuk menghalau suhu yang dingin tersebut.

Oleh : Muhammad Ali Anshari, Bajang Mataram
Powered by Blogger.