Ayo Kita Sama-sama memerarangi Berita Hoax Demi Terciptanya Kedamaian di Negeri Ini

Seminar Literasi Digital 18-22 Februari

BERUGAK LOMBOK - Tepat pada tanggal 18 Februari, kami Berugak Lombok berkolaborasi bersama Kominfo untuk melakukan kegiatan yang bertema ‘’Hoax Bikin Malu, Stop Ribut Melulu! Saatnya Ciptakan Linimasa Asik di Tahun Politik! Debut awal diskusi dilakukan di Kabupaten Lombok Timur, setelahnya di KLU, dan akan menyusul kesetiap Kabupaten yang ada di Lombok. Pematerinya adalah orang-orang maha asik yang tentu memiliki konpeten dibidang masing-masing. Berugak Lombok dan Kominfo menggandeng teman-teman mahasiswa dan Ibu-ibu untuk kampye menolak hoax, mengingat masifnya linimasa media sosial hari ini dipenuhi dengan ujaran kebencian, fitnah, dan berita bohong. 

Berearnya informasi atau berita hoax di media sosial online menyebabkan keresahan sosial bagi masyarakat. Terlebih lagi, informasi hoax itu muncul bersamaan dengan isu-isu politik dan pilpres serentak di Indonesia. Informasi hoax dapat mengancam popularitas seseorang (public figure) yang akan maju dikancah perpolitikan Indonesia. Gara-gara hoax, nama baik dan harga diri seseorang dapat tercemar di masyarakat dan walhasil akan memicu konflik kepentingan antar-pejabat elit dan meresahkan kehidupan masyarakat. 

Di era internet ini, masyarakat bebas menyampaikan pendapat atau opininya, baik melalui lisan, media cetak, maupun media elektronik/online. Namun, hal yang perlu diingat bahwa kebebasan kalau tidak berbudaya dan beretika akan membawa konsekuensi hukum, untuk itu harus berhati-hati. Itulah sekilas gambaran adanya kebebasan berpendapat bagi setiap orang di negeri ini untuk berekspresi dan berekperimen di depan public, urusan benar atau salah, jujur atau bohong menjadi hal yang kurang diperhatikan oleh sipenyebar berita, yang penting dapat dibaca dan diketahui oleh public secara cepat dan luas. 

Menanggapi kondisi di atas, maka Berugak Lombok dan Kominfo mengajak seluruh masyarakat untuk bisa menganalisa segala bentuk informasi yang tersebar baik di lingkungan masyaraka maupun di media sosial. Karena hoax sudah menjadi masalah serius yang dihadapi bangsa Indonesia. Hoax telah tumbuh menjadi industri dan bisa diperdagangkan. 

Oleh karena itu, seperti yang dilakukan Kominfo, salah satu upaya yang dilakukan untuk mengurangi penyebaran berita palsu adalah dengan memblokir situs internet (website) yang dinilai sebagai sumber informasi paslu. 

Karenanya, diskusi-diskusi mengenai Hoax ini sangat penting guna mengisi amunisi bagi generasi muda yang cukup untuk memerangi digital hoax, kalau pemerintah membiarkan dan tidak ikut andil maka, ini akan menjadi masalah serius dikalangan masyarakat.

Penulis: Hasan Gauk Kuantor Sastra Asal  Jerowaru, Lombok timur, Saat ini aktif sebagai anggota Gerakan Literasi Indonesia (GLI)

No comments

Powered by Blogger.